30/08/14

Masuk Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Masuk fakultas Teknobiologi UAJY…

HARI PERTAMA: 12 Agustus 2014

Hari pertama memang tidak selalu menyenangkan. Aku sendiri merasa deg-degkan dan penasaran dengan agenda yang akan aku jalani.


Kami semua berkumpul di ruang audiovisual. Aku berusaha untuk menikmati semua yang ada. Aku masuk ke dalam kelompok enam dan aku duduk di antara orang-orang yang belum aku kenal. Setelah itu, panitia membacakan susunan acara. Hal yang paling menarik adalah saat kami maju per kelompok dan menceritakan motivasi masing-masing mengapa memilih fakultas teknobiologi UAJY. Dan semua berubah…….

                                                                                            

Memang banyak yang “sakit” karena tidak diterima di PTN (terutama fak. Kedokteran), tapi ada juga yang memang benar-benar niat masuk FTB UAJY.  Satu lagi yang membuat saya kaget adalah ada beberapa orang yang memang tidak minat masuk negeri[1]. What??? Tidak minat…


Dari hal itu, aku kembali belajar bahwa jalan pikiran orang memang berbeda. Kita ini tidak sama. Bayanganku bahwa semua orang minat masuk perguruan tinggi negeri, buyar sudah. Setiap dari kita punya sudut pandang yang berbeda dan itu sah-sah saja. Kita telah dibentuk oleh banyak peristiwa dari kita kecil hingga dewasa, dan itulah yang akan membentuk karakter dan sudut pandang kita dalam memandang dunia.


Refleksi tambahan:

Setelah diumumkan bahwa aku tidak lolos SBMPTN, aku merasa kecewa. Namun, the show must go on...aku sudah berusaha sebaik mungkin dan perjuanganku untuk belajar dengan baik telah mengobati kekecewaanku. Aku tidak merasa kalah karena aku sudah memberikan yang terbaik dan meyakini ada jalan yang lebih baik untuk diriku yang telah diberikan-Nya. So,,, masih banyak jalan menuju Roma, masih banyak jalan menuju kesuksesan. 

Aku melakukan beberapa hal untuk memotivasi diriku, misalnya dengan belajar mencintai FTB UAJY.


Satu hal yang perlu aku pegang bahwa tidak semua orang berpandangan seperti apa yang aku pikirkan. Janganlah menggeneralisasi semua orang dengan pikiranmu.

Berupayalah untuk selalu berpikiran baik…selalu ada kebaikan dibalik kesulitan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakultas teknobiologi UAJY, silakan baca tulisan saya di link :
                                                                     
http://teknobioangga.blogspot.co.id/2016/01/masuk-fakultas-teknobiologi-uajy-2.html

Hari kedua: 25 Agustus 2014

Kelompok gajah…abu-abu

Kami berkumpul semua di lapangan volly. Ada 12 kelompok dengan berbagai macam nama dan warna kaos. Kami mendapat tugas untuk mengikuti jalur pada peta yang telah dibagikan. Kelompokku mendapat jalur sebagai berikut: kantor gubernur di Malioboro-stasiun tugu-benteng vredeburg. Tantangan terakhir, yaitu di Gembira Loka (kebun binatang).

Peristiwa berkesan: saat Helen dan david mewakili kelompok untuk berlomba. Menjelang akhir perlombaan, mereka mau menyerah. Namun, kami berteriak agar mereka kembali dalam perlombaan. Akhirnya, mereka berhasil. Dari hal ini, aku belajar bahwa kita harus mampu berjuang sampai detik-detik terakhir. Masa-masa injury time adalah masa yang krusial dimana segala kemungkinan masih bisa terjadi. Oleh karena itu, berupayalah untuk tetap waspada sampai peluit terakhir dibunyikan.  

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakultas teknobiologi UAJY, silakan baca tulisan saya di link :

http://teknobioangga.blogspot.co.id/2016/01/masuk-fakultas-teknobiologi-uajy-2.html



[1] Sebenarnya motivasi ini perlu dikritisi. Mengapa tidak minat masuk PTN? Apa alasan yang mendasari? Jika alasannya karena malas dan ogah berjuang, maka sama saja tidak berarti.

0 komentar:

Posting Komentar

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    "I'm not a perfect person. I make a lot of mistakes. But, I really appreciate those people who stay with me after knowing who I really am"