02/08/14

Mongonsumsi Air Susu


Walaupun khasiat susu bagi tubuh kita sudah tidak diragukan lagi, tidak setiap orang dapat mengonsumsi air susu dengan baik. Hal ini disebabkan oleh dua kemungkinan, yakni sifat yang terkandung dalam susu yang tidak disukai orang atau sifat biologis orang yang bersangkutan (intoleran). Penyebab pertama dapat diatasi dengan penambahan sari jeruk, markisa, apel, atau lainnya sehingga rasa asli susu yang memualkan dapat dihilangkan. Sementara itu, penyebab kedua dapat diatasi dengan menggantinya dengan air susu yang telah mengalami perlakuan khusus, yaitu fermentasi.

Secara biologis, penderita intoleran susu tidak mampu mencerna laktosa dari makanan atau minuman dalam susu sehingga terjadi penimbunan laktosa dalam usus. Penderita yang demikian dapat minum susu bubuk dengan kadar laktosa rendah atau air susu fermentasi, seperti yoghurt, kefur,dan koumis.

Susu fermentasi juga bermanfaat bagi manula yang mengalami kesukaran dalam mencerna makanan yang berprotein tinggi. Susu fermentasi, seperti yoghurt, yang dapat dicerna dalam waktu satu jam dapat mengatasi kesukaran  ini. Keuntungan lain dari susu fermentasi dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah diare bagi penderita kekurangan laktosa.

Sumber: Kumpulan Soal Ganesha Operation, SPMB/2003/R-I/712,hlm 504

0 komentar:

Posting Komentar

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    "I'm not a perfect person. I make a lot of mistakes. But, I really appreciate those people who stay with me after knowing who I really am"