13/01/16

Masuk Fakultas Teknobiologi UAJY (2)


Apa itu bioteknologi ? Banyak sumber memberikan definisi mengenai bioteknologi, saya sendiri menyimpulkan bahwa bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari pendayagunaan makhluk hidup (tumbuhan, bakteri, hewan) dengan menggunakan teknologi dan proses rekayasa untuk menghasilkan produk dan jasa. 
Di Indonesia, bidang bioteknologi ini sudah berkembang dan menurut beberapa literatur, ilmu ini akan berkembang sangat pesat di masa depan karena semakin canggih perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Hal ini sudah dilirik oleh beberapa universitas di Indonesia, yaitu dengan mendirikan fakultas Teknobiologi bagi para mahasiswa yang berminat mendalami ilmu ini. Beberapa universitas yang mendirikan fakultas Teknobiologi untuk program S1 seperti Unika Atma Jaya Jakarta, UPH, UAJY, UKDW, UBAYA, dan UTS, sedangkan untuk program S2, ada di UGM dan Unika Atma Jaya Jakarta. 

Jika teman-teman ingin mengetahui lebih dalam mengenai bioteknologi, kalian bisa mencari di google karena banyak penjelasan-penjelasan lebih lengkap di sana. Pada tulisan ini, saya ingin berbagi mengenai apa yang saya pelajari dalam bioteknologi di UAJY.
Biologi adalah dasar dalam bidang Bioteknologi. So, jika kalian suka dengan biologi, hal ini akan sangat membantu untuk mendalami bioteknologi. Selain itu, ilmu lain yang cukup berperan besar adalah Ilmu Kimia karena hal ini berhubungan dengan reaksi-reaksi dalam tubuh makhluk hidup.
Saat semester 1 di UAJY, saya mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti biologi, kimia, fisika, matematika. Hal yang menarik adalah adanya matkul bioprospeksi dan kewirausahaan yang bertujuan agar kita sebagai mahasiswa memiliki pandangan mengenai bidang ilmu ini dan bisa berwirausaha  di masa depan. Saat semester 2, saya mempelajari lebih jauh mengenai biologi tumbuhan dan hewan seperti struktur perkembangan tumbuhan dan hewan. Selain itu, ada mata kuliah Dasar-dasar Bioteknologi yang akan memberikan wawasan mengenai prinsip bioteknologi dan perkembangan bioteknologi di berbagai bidang kehidupan seperti pangan, forensik, dan kesehatan. 
Saat semester 3, beberapa mata kuliah yang dipelajari adalah fisiologi hewan, biologi molekuler, dan biosistematika. Ada juga mata kuliah bioteknologi kelautan dan mata kuliah pilihan bioteknologi moluska serta pengenalan bahan pangan.

Hal yang menarik dari fakultas Teknobiologi UAJY ini adalah adanya peminatan konsentrasi studi saat semester 4. Konsentrasi studi yang ditawarkan adalah Teknobio-Pangan, Teknobio-Lingkungan, dan Teknobio-Industri. Teknobio-Pangan akan mempelajari mikrobiologi pangan dan teknologi pengolahan pangan. Teknobio-Industri akan mempelajari mikrobiologi industri dan teknologi herbal. Teknobio-Lingkungan akan mempelajari mikrobiologi lingkungan dan teknologi pengolahan limbah. Setahu saya, pembagian konsentrasi ini untuk menyesuaikan mahasiswa dengan dunia kerja di jaman sekarang sehingga setelah lulus diharapkan para mahasiswa memiliki skill yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Lulusan fakultas Teknobiologi akan mendapat gelar S.Si
Bagi saya, bioteknologi memang tidak mempelajari biologi secara murni karena bidang ini merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu dan lebih menekankan pada proses rekayasa seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, hibridoma, dll. Bidang ini memang diharapkan agar menghasilkan produk dan jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia. Hal inilah yang masih perlu dikembangkan yaitu penelitian dalam bidang bioteknologi. Di luar negeri, bioteknologi sudah berkembang sangat pesat karena kemajuan teknologi yang sudah canggih. 
Saya berencana untuk mengambil konsentrasi teknobio-pangan dan semoga bisa melanjutkan S2 dalam bidang bioteknologi pangan. Amin.
 
Finally, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman :)

0 komentar:

Posting Komentar

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    "I'm not a perfect person. I make a lot of mistakes. But, I really appreciate those people who stay with me after knowing who I really am"