23/08/15

Telomere dan Enzim Telomerase; Telomere and Telomerase



Kromosom yang merupakan lilitan DNA pembawa sifat genetis, selalu berubah yaitu pada ujung lilitan DNA. Segmen DNA pada ujung kromosom ini yang disebut telomere. Para peneliti mengatakan bahwa perubahan pada ujung DNA atau telomore, berhubungan dengan proses perkembangan sel kanker dan proses penuaan.
            Telomere adalah segmen dari DNA, yang terdiri dari urutan basa-basa nukleotida, yaitu A (adenine), T (timin), C (citosin), dan G (guanine). Telomere memiliki pengulangan urutan TTAGGG pada satu strand dan berpasangan dengan AATCCC pada strand yang lain. Pada manusia, terdapat 2000 pengulangan pada unit dasarnya, sedangkan pada Tetrachymena-ciliata (makhluk bersel satu yang hidup di empang) terdapat 70 pengulangan pada setiap unitnya (Greider, 1996). Struktur telomere dan fungsi telomere ditemukan oleh tiga orang ilmuwan yaitu Elizabeth Blackburn, Jack Szostak, dan Carol Greider yang dianugrahi Nobel Prize in Physiology or Medicine pada tahun 2009. 


Pada tahun 1972, James D. Watson, menemukan bahwa DNA polimerase yang bekerja dalam penggandaan DNA tidak bisa menggandakan seluruh panjang kromosom. Ada suatu daerah di ujung kromosom (telomere) yang tidak bisa digandakan sehingga telomere akan bertambah pendek pada sel anak. Hal ini dapat diatasi oleh enzim telomerase yang akan menggandakan bagian telomere sehingga panjang kromosom tetap dan sel dapat bertahan untuk melakukan mitosis. Keadaan ini disebut “end replication problem”.
            Enzim telomerase adalah suatu ribonukleoprotein yang mensintesis urutan ulangan pada telomere untuk menggantikan susunan yang hilang pada saat replikasi DNA (Greider, 1985). Enzim telomerase akan membuat rantai DNA tambahan yang terdiri dari urutan nukleotida yang berulang. Penambahan urutan nukleotida dilakukan sebelum proses replikasi berlangsung sehingga ujung kromosom akan memiliki panjang yang tetap sama dengan kromosom inangnya. Ingin tahu lebih lanjut? kunjungi link di bawah ini:

Dapus

Greider CW dan Blackburn EH. 1985. Identification of a specific telomere terminal transferase activity in Tetrahymena extracts. Cell 43:405–413.
Greider, C.W., dan Blackburn, E.H. 1996. Telomere, Telomerase and Cancer. Scientific American.


 

0 komentar:

Posting Komentar

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    "I'm not a perfect person. I make a lot of mistakes. But, I really appreciate those people who stay with me after knowing who I really am"