02/08/14

Terapi Panas Telapak Tangan

Data statistik Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan bahwa di dunia terdapat lima ratus jenis penyakit, dan hanya tiga puluh persen yang dapat disembuhkan dengan intervensi penggunaan obat. Yang tujuh puluh persen selebihnya harus disembuhkan dengan cara yang sangat berlainan, baik dengan teknologi medis mutakhir atau bahkan dengan cara pengobatan tradisional. Salah satu cara pengobatan tradisional adalah melalui terapi panas telapak tangan.
Terapi panas telapak tangan adalah salah satu dari sekian banyak pengobatan tradisional yang dilakukan dengan cara menjerang penderita dengan panas aliran tubuh melalui telapak tangan. Telapak tangan tersebut tidak dilekatkan langsung pada tubuh si sakit, tetapi dengan perantaraan handuk basah yang diselubungkan pada tubuh penderita. Handuk tersebut akan mengepul mengeluarkan asap, laksana handuk panas yang terkena setrika panas. Cara yang demikian ini, untuk satu kasus penyakit, dilakukan secara berulang-ulang.
Dari segi nalar, nalar ilmu atau nalar logika, cara pengobatan itu memang sulit dimengerti dan tidak mudah dicerna oleh akal orang awam. Namun, bagi orang yang berperhatian, apalagi yang sudah mendalami konsep pengobatan panas telapak tangan, tentu saja cara pengobatan itu memang beralasan dengan dukungan pengetahuan yang metodis. Panas tubuh orang normal senantiasa berada pada kisaran 37 derajat celcius. Terpeliharanya  nilai normal suhu tubuh tersebut semata-mata oleh adanya mekanisme sistem keharmonisan tubuh. Dalam hal tertentu, antara lain oleh rasa takut, cemas, kaget, dan sakit demam, suhu tubuh manusia dapat berubah.
Sumber: Kumpulan Soal Ganesha Operation,SPMB/2004/R-II/640,hlm 510.

0 komentar:

Posting Komentar

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    "I'm not a perfect person. I make a lot of mistakes. But, I really appreciate those people who stay with me after knowing who I really am"